Sejarah

 

Himatika Integral adalah organisasi kemahasiswaan yang berada di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Jember  yang berasaskan Pancasila dan berlandaskan keilmuan, keprofesian dan sosial. Organisasi ini terbentuk pada tanggal 21 Desember 2010 atas inisiatif  Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember sebagai wadah dan penyalur  aspirasi seluruh Mahasiswa  Jurusan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember.

Dalam rangka menjalankan program kerja dan roda organisasi, Himatika Integral berlandaskan pada ketentuan-ketentuan yang sudah ada. Landasan itu adalah AnggaranDasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART )   dan secara khusus tertuang dalam tata kerja pengurus periode 2015/2016.

Arah dan kebijakan diarahkan pada pengembangan kemahasiswaan, berlandaskan pada peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, peninggkatan kualitas sebagai akademisi disiplin ilmu matematika dan pembentukan mental yang kuat sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan dan catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah

 

Lebih lanjut pengembangan kemahasiswaan HIMATIKA Integral antara lain :

Pengembangan potensi kader

  1. Meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, jiwa kepemimpinan, moralitas dan etika, keterampilan berorganisasi dan manajemen, serta profesionalisme mahasiswa khususnya dalam pendidikan dan disiplin ilmu matematika
  2. Pengembangan sumber daya manusia diarahkan pada penguasaan dan penerapan Ilmu Pengetahuan, penggalian potensi, serta pengembangan kebebasan intelektual berbasis keilmuan yang bisa diaplikasikan pada masyarakat.
  3. Pengembangan dan penyaluran potensi kreativitas, minat, dan bakat mahasiswa jurusan matematika secara terarah dan terencana sehingga memberi arti bagi pemenuhan kebutuhan terhadap estetika dan kesehatan jasmani, serta menggalang rasa kebersamaan dan kekeluargaan di kalangan mahasiswa jurusan matematika.
  4. Menumbuhkan dan meningkatkan kepekaan, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial mahasiswa matematika dalam penanganan permasalahan sosial, baik dalam skala kampus maupun diluar kampus.

Bidang Pendidikan

  1. Ikut serta dan berperan aktif dalam pengembangan pendidikan melalui kegiatan-kegiatan berbasis pendidikan.
  2. Ikut serta dan berperan aktif membangun kesadaran mahasiswa pendidikan matematika untuk berpikir kritis guna menyikapi fenomena dunia pendidikan.
  3. Membentuk karakter calon tenaga pengajar yang kompetitif, visioner dan profesional

Hubungan Luar

  1. Menjalin, mengembangkan dan menjaga hubungan baik dengan lembaga dan instansi di dalam kampus maupun luar kampus.
  2. Memperluas wawasan mahasiswa tentang aktivitas kemasyarakatan.
  3. Meningkatkan interaksi dengan masyarakat lingkar kampus.
  4. Berperan aktif dalam forum kemahasiswaan Matematika nasional yang terhimpun dalam Ikatan Himpunan mahasiswa Matematika seluruh Indonesia(IKAHIMATIKA Indonesia)